Wednesday, June 20, 2012

Mitos Asal Usul Seorang Blogger

Nggak Penting

Pernahkah terpikirkan oleh Anda ketika ada seseorang yang bertanya mengenai status Anda sebagai blogger yang disandang saat sekarang ini, diantara beberapa pertanyaan mungkin seperti dibawah ini:

-Sejak Kapan Anda Menjadi Blogger?
-Motivasi apa yang menjadikan Anda membuat sebuah blog?
-Dari mana Anda mempelajari ilmu membuat blog?
-Apa tujuan Anda membuat blog?

Merujuk dari beberapa pertanyaan diatas berikut akan saya ceritakan kisah si Badrul (nama fiktif) yang belum lama ini menyandang status barunya menjadi seorang blogger newbie.

Berawal dari perbuatan isengnya disela-sela kesibukannya sebagai masyarakat biasa, dia sangat antusias sekali mengikuti perkembangan IT yang sedang puber saat sekarang ini. Pergilah dia kesebuah warnet yang tidak jauh dari tempat tinggalnya, paling pertama sekali yang dia lakukan adalah membuka pesbuk kemudian meng update status dan mengirim beberapa komentar ke dinding teman jaringannya. Hampir satu jam berlalu dengan billing warnet yang mustahil untuk dihentikan sampailah dia kepada titik jenuh merasakan kebosanan. Dengan keluguannya dia berinisiatif membuka beberapa situs XXX lokal, disana terdapat bermacam pemandangan yang menurutnya sangat membantu dalam menjernihkan pikiran yang keruh saat ini.

Setelah puas melampiaskan rasa keingintahuannya, didalam blog tersebut dia membaca sebaris tulisan " Mau Gaji 2 Juta Perhari, Modal hanya 100 ribu ", naluri dia langsung berjalan dengan kecepatan setara dengan pentium 4 memori RAM 2 GB, dia berminat ingin menjadi jutawan baru indonesia dan langsung mendaftar serta menyelesaikan transaksi jual beli software yang dipercaya akan membuat dia kaya dalam waktu sekejap mata itu. Alangkah terkejutnya dia setelah mendownload kemudian membaca beberapa e-book yang dipercaya sebagai panduan teknisnya, ternyata tidak jauh beda dengan sistem akal-akalan saja alias tipu menipu antar sesama. Belum lagi merasakan kekecewaan itu dalam panduan itu diharuskan membuat website sendiri guna menjalankan software tersebut hahaha...kasian banget dia.

Guna memasarkan produknya tersebut dia harus rajin promosi dibeberapa situs iklan baris gratis, dalam panduan tersebut juga menjelaskan cara yang paling efektif adalah dengan membuat sebuah blog guna memasang banner atau gambar produk yang ditawarkannya. Dia pun membuat sebuah blog yang sangat sederhana. (Point Pertama sudah terjawab )

Satu bulan berlalu namun belum juga pulang pokok atau balik modal hihhihihi...
Dengan perasaan pasrah namun masih menuntut keuntungan, dia mulai rajin pergi ke warnet langganannya guna membuat postingan yang berisi informasi. Dalam relung hatinya dia berjanji akan membayar semua kegagalan ini, bermodalkan pengetahuan yang sangat minim dia mulai mengumpulkan ide dan informasi guna dijadikan sebagai pengisi blog. Semua itu dia lakukan untuk menarik minat pengunjung blog sehingga akan membuka peluang besar produknya akan dibaca dan dibeli oleh pengunjung blognya.( Point kedua sudah terjawab)

Merasa blognya kalah dalam persaingan, mulailah dia mencari informasi bagaimana cara menciptakan blog yang ramah untuk dikunjungi, dia mencoba beberapa template blog sampai dengan memodifikasi sendiri sehingga menghasilkan ornamen-ornamen yang naturalistik pada layout blognya, dari beberapa tutorial yang dia dapatkan dari blog terpercaya ,nampaknya dia paling gemar mengutak-atik javascript yang didapat dari sumber yang tidak mau dia menyebutkan keberadaanya. Kini si Bandrul pun sudah mempunyai blog yang ramah pengunjung hasil dari keseriusannya mengelola blog.( Point ketiga terjawab)

Kini si Badrul sudah memiliki beberapa teman seprofesi yang setia mengunjungi blognya, ajang tukeran link dan meninggalkan komentar terus dia lakukan dengan harapan akan membuat blognya ramai oleh pengunjung. Dengan rata-rata pengunjung dibawah angka 100 perhari, si badrul mulai menikmati indahnya berbagi informasi antar sesama blogger lainnya. Satu hal yang paling disukainya ketika ada pengunjung yang berkomentar pada salah satu artikel yang dia posting, entah itu berupa pujian ataupun pertanyaan dia menganggap itu adalah wujud dari apresiasi pengunjung terhadap hasil karyanya. Dengan bermodalkan traffik yang tidak begitu tinggi, dia mulai merayu situs Pay Per Clik, Pay Per Post, Paid to Upload dan Paid to Review guna memperoleh penghasilan sampingan untuk menutupi beban biaya pergi ke warnet. Mungkin dewi fortuna sedang berpihak kepada dia dan akhirnya pun dia memperoleh penghasilan rata-rata 70 ribu perminggu, walapun bukan angka yang besar namun bagi dia ini adalah hasil yang cukup besar bagi seorang blogger pemula.(Point keempat terjawab)

Bersambung......ke Mitos Asal Usul Seorang Blogger Episode: Salah Arah


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Christ Angel © 2008 Template by:
SkinCorner